Selasa, 25 November 2008

JARINGAN LAN



JARINGAN KOMPUTER
** LOCAL AREA NETWORK **

Pendahuluan
Di Indonesia sering kita dengar tentang penggunaan Jaringan Komputer baik jaringan lokal maupun jaringan yang bersifat global, di stasiun tv sering kita dengar masalah perluasan jaringan untuk memudahkan masyarakat mengetahui tentang segala hal baik yang bersifat IPTEK, Pengetahuan umum dan segudang informasi. Jaringan LAN (Local Area Network), WAN (Word Area Network), sekarangpun sudah menjadi trend dikalangan Mahasiswa, yang mana memudahkan mereka dalam menukar informasi, tugas-tugas maupun hal lainnya.
Mengenal Jaringan Komputer
Jaringan komputer sendiri secara sederhana dapat di artikan sebagai hubungan fisik komputer dengan komputer yang lain melalui sebuah media. Fungsi dasar sebuah jaringan adalah agar dapat bertukar sumber daya atau piranti (file, printer , modem, fax, dll)
Hubungan satu komputer dengan komputer lain dalam suatu ruang atau gedung tertentu dalam jaringan dengan skala kecil, kita dapat berbagi pakai sumber daya komputer antara User server dan clientnya. Selain itu dapat juga untuk sharing (berbagi pakai) dokumen pekerjaan dengan user lain. Kita dapat membuka file atau dokumen tanpa harus duduk didepan komputer dimana dokumen tersebut disimpan. Pendek kata dengan adanya jaringan maka akan mempercepat proses pertukaran dokumen dan menaikkan kinerja suatu perusahaan.
Namun dengan adanya jaringan ini juga membuka peluang untuk terjadinya penyimpangan-penyimpangan terhadap dokumen yang di share sehingga menimbulkan kerawaan terhadap dokumen-dokumen yang bersifat rahasia dibuka oleh user yang tidak berhak. Dalam rangka ini sistem windows telah menyediakan fasilitas dalam rangka untuk memproteksi data dan informasi tidak terjadi penyimpangan. Namun terjadi dan tidaknya penyimpangan akan kembali lagi kepada user maupun administrator bisakan dia bertanggungjawab terhadap pekerjaannya. Dalam mengenal Jaringan komputer, tentunya kita sudah mengenal apa itu komputer dan perangkat-perangkatnya sehingga sebelum kita membangun dan membuat jaringan komputer dengan memakai beberapa komputer. Disini kita bisa membayangkan dengan jaringan komputer kita bisa saling menukar informasi, menggunakan hardware seperti printer, CD-ROM/RW secara bersama-sama dan tentunya membuka File secara bersama-sama pula. Bahkan yang lebih hebat lagi kita bisa menggunakan Internet dengan menggunakan beberapa PC dengan satu Provider, hebatkan….!!
Tentunya dengan pemakaian jaringan komputer dapat membuat Anda lebih nyaman dan hemat biaya karena masa seperti sekarang ini semua kebutuhan melonjak naik dan dengan jaringan komputerlah solusi untuk menghemat pengeluaran dan tentunya bisa memberikan pemasukan yang cukup berarti, seperti membuka rental, warnet dll.

Jaringan Dengan Windows 98 / Me / XP
Dalam Pemasangan komputer dengan menggunakan sistem Windows 98, Komputer Windows Me dengan windows XP tambahan ke dalam suatu jaringan tidak terlalu sulit. Karena dengan Windows XP dengan Network setup Wizard menuntun Anda menelusuri semua langkah dalam membuat suatu Jaringan yang sederhana. Dalam hal ini anda hanya cukup menyediakan perangkat hardware jaringan dan menancapkan semua komputer ke dalam HUB dan jadilah sebuah jaringan yang sederhana dan handal tentunya. Selamat mencoba!

HARDWARE JARINGAN
Seperti yang kita ketahui kalau berbicara tentang hardware atau perangkat keras komputer pasti identik dengan kehati-hatian baik menyangkut kualitas dan harga produk tertentu yang mendukung perangkat keras yang dibutuhkan.
Dalam memasang jaringan ini kitapun membutuhkan beberapa perangkat keras yang mana nantinya dapat mendukung dalam pemasangan jaringan komputer.
Adapun perangkat hardware yang dibutuhkan antara lain adalah sebagai berikut :
Seperangkat Komputer
Kartu Jaringan (Card LAN)
Kabel Jaringan ( RJ45 / Coaxial )
HUB Jaringan
Modem

PENJELASAN SINGKAT.
Seperangkat Komputer (PC)
PC atau Personal Computer merupakan seperangkat komputer yang mampu melakukan operasi dengan sendirinya dengan dijalankan oleh manusia.
Seperangkat komputer itupun terdiri dari :
CPU (Central Processing Unit) yang mana didalamnya terdiri dari perangkat hardware yang mendukung kinerja dari komputer itu sendri nantinya.
Monitor merupakan salah satu perangkat yang berfungsi untuk menampilkan / output dari system yang dijalankan pada komputer itu sendiri.
Printer yang berfungsi untuk mencetak tampilan yang diolah didalam komputer sistem itu sendiri.
Mouse dan Keyboard merupakan perangkat pendukung untuk menginput data atau untuk melakukan operasi didalam sistem komputer.
Kartu Jaringan (Card LAN)
Kartu jaringan / NIC / Card LAN merupakan perangkat tambahan yang paling mendukung dalam pemasangan jaraingan dimana Card LAN tesebut ada yang bersifat Internal (onboard) yang menyatu dengan motherboard dan yang bersifat external yang dipasang pada slot PCI di dalam Motherboardnya.
Kabel Jaringan ( RJ45 / Coaxial / CAT 5 UTP)
Kabel jaringan yang biasanya dipakai untuk pemasangan jaringan adalah Kabel RJ45 yang mana jenis kabel RJ45 ini memiliki warna tersendiri yang dipasang untuk mendukung dalam pemasangan jaringan.

Adapun warna kabel RJ45 sekaligus dengan pemasangannya adalah sebagai berikut:
PC 1 No Kabel
PC 2 Putih Orange
1
Putih Orange
Orange
2
Orange
Putih Hijau
3
Putih Hijau
Biru
4
Biru
Putih Biru
5
Putih Biru
Hijau
6
Hijau
Putih Coklat
7
Putih Coklat
Coklat
8
Coklat
HUB Jaringan
HUB Jarngan merupakan salah satu perangkat jaringan yang menghubungkan antara jaringan satu dengan jaringan lainnya antaran Server dan Cliennya.
Modem
Modem merupakan singkatan dari Modulator Demudolator yang mana sebagai perantara didalam jaringan internet dengan menggunakan media line telepon. Dan Modem itu sendiri berfungsi untuk mengubah Signal-signal data digital komputer ke dalam nada-nada analog yang dikirm dan diterima melalui line telepon sebagai media.
Penggunaan piranti modem ini adalah sebagai perantara untuk jaringan yang menghubungkan komputer-komputer ke seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer (cyberspace).
SETTING JARINGAN DENGAN WINDOWS XP
Sekarang saatnya kita menjelajahi bagaimana memodifikasi jaringan dengan menggunakan sistem jaringan yang ada di sistem komputer seperti windows XP. Disinipun kita akan membahas memnggunakan setting jaringan dengan menggunakan Windows XP karena hampir semua PC sekarang menggunakan Windows XP selain tampilan yang memukau dan mudah dalam menggunakannya.
Setelah kita tahu dan bagaimana hardware jaringan tentunya itupun tidak lengkap untuk membuat suatu jaringan yang sederhana ibarat "Sayur tanpa garam akan terasa hambar ".
Sekarang saatnya kita menjelajahi sistem operasi Jaringan dengan Windows XP adapun langkah pertama yaitu Anda menyalakan komputer dan pastikan semua kabel jaringan sudah terpasang dengan baik, dan setelah komputer nyala maka selanjutnya yang anda lakukan adalah setting jaringan dengan memanfaatkan fasilitas Network setup wizard diantaranya:
Mengkonfigurasi sebuah komputer dengan dengan menggunakan Windows XP sebagai sistem operasi jaringan sederhana, misalnya di kantor atau di rumah
Menambahkan komputer dengan sistem operasi Windows 98, Windows me dan komputer Windows XP tambahan ke jaringan tersebut.
Setup Internet Connection Sharing pada jaringan dengan di suatu komputer utama.
Setup atau mengkonfigurasi sebuah folder bersama-sama pada setiap komputer jaringan
Memakai printer secara bersama-sama yang dipasang di salah satu komputer atau bisa juga di semua komputer dalam suatu jaringan.
Jangan lupa selain hal tersebut diatas saya mengingatkan kembali bahwasanya setiap komputer sudah terhubung dengan Kartu jaringan (Ethernet/Card LAN), HUB, dan Kabel RJ 45/CAT5 UTP. Selain itu anda juga harus sudah memutuskan untuk memakai sistem operasi Windows XP untuk komputer utama dan telah mengkoneksikan komputer utama tersebut ke Internet dan fasilitas Internet connection sharing sudah terinstal dengan baik. Untuk memanfaatkan Setup Wizard di Windows XP langkah yang harus dilakukan diantaranya:
Klik Start
Klik All Program
Klik Accessories
Klik Communication
Klik Network setup Wizard. Setelah tampil jendela Network Setup Wizard selanjutnya Anda
Klik Next. Setelah itu segera tampil jendela Before You Continue.
Klik Next . maka akan tampil jendela Select A Connection Method.
Klik Next untuk melanjutkan, setelah itu komputer akan menampilkan halaman Select Your Internet Connection
Bilan Anda sudah dan mempunyai banyak koneksi didalam komputer Anda maka akan ada beberapa koneksi yang bisa di pilih.
Pilihlah koneksi Internet, misalnya Telkomnet Instan, Lalu Next. Setelah itu akan segera tampil jendela Give This Komputer Description And Name .
Didalam Kotak Description, Ketiklah deskripsi rinkas tentang komputer Anda. Misalnya Jaringan Kecil Brothers dan di dalam kotak Komputer name, ketiklah misalnya UTAMA.
Klik Next. Setelah itu akan tampil jendela Name your Network
Didalam kotak Workgroup Name, biarkan menggunakan nama yang telah disediakan, misalnya MSHOME.
Lalu Klik Next. Setelah itu akan segera tampil jendela Ready To Apply Network Setting.
Klik Next untuk melanjutkan. Tunggulah beberapa saat.
Ketika proses selesai, maka akan tampil jendela You’re Almost Done
Ambil pilihan Use My Windows XP
Klik Next. Akam muncul halaman To Run The WizardWith The Windows XP CD.
Klik Next. Muncul halaman Completing The Network Setup Wizard
Klik Finish untuk menutup Wizard.

Komputer dengan jaringan kecil menggunakan windows XP sudah disetup untuk Jaringan komputer kecil ini. Selanjutnya Anda harus memakai CD Windows XP untuk mengoperasikan Wizard pada masing-masing komputer Windows 98, Windows Me dan Windows XP yang ingin Anda tambahkan ke Jaringan.
Setting Komputer Tambahan pada Jaringan
Nah, kita langsung saja bagaimana melakukan setting untuk komputer tambahan diantaranya adalah sebagai berikut. Dan disini kita sudah melalui tahap settinmg Komputer utama dan semua komputer sudah menggunakan kartu jaringan (card LAN) dan terhubung dengan HUB, Kebel RJ 45/Cat5 UTP. Dan sudah dipastikan bahwa semua komputer diaktifkan.
Langkah-langkah berikut hanya berlaku pada komputer Windows 98, Windows Me dan Windows XP.
Masukkan Master CD Windows XP ke CD-ROM pada komputer Client yang ingin dihubungan ke jaringan
Pada tayangan What do You Want to do ? klik Perform Additional Task
Klik Setup Up A Home or Small Office Network. Muncul kotak dialog Network Setup Wizard
Klik Yes. Setelah itu Network Setup Wizard mulai bekerja. Sesaat kemudian komputer mminta Restart maka keluarkan CD dari CD ROM tersebut, lalu klik OK.
Klik Yes apabila Komputer minta Restart dan akan segera tampil Network Setup Wizard.
Dalam Network Setup Wizard selanjutnya klik Next. Segera tampil Jendela Before You Continue, yang mendaftarkan semua fasilitas jaringan yang telah Anda setup sebelumnya
Klik Next. Setelah itu akan tampil Select A Connection Method
Pilih This komputer Connects To The Internet Throught Another Computer In My Network Or Throught A Residental Gateway. Lalu klik Next, dan akan segera tampil Give This Computer A Description And Name.
Dalam Kotak Description¸ketiklah Deskripsi ringkas dalam komputer. Misalnya : Jaringan Komputer dan didalam kotak Computer Name, ketiklah nama sesuai, misalnya : Client-01. Lalu klik Next. Setelah itu akan segera tampil kotak dialog Dialog Your Network.
Kemudian klik Next. Perhatikan setting yang anda lakukan
Klik Next
Klik Finish untuk mengakhiri settingan anda
Klik Yes dan biarkan komputer melakukan booting atau restart secara otomatis.

Nah, sekarang anda dapatmelakukannya pada komputer yang ingin anda tambahkan ke jaringan yang Anda buat dengan cara yang sama. Perlu anda perhatikan dengan baik, setiap kali anda masuk ke komputer harus menekan tombol OK di kotak dialog Windows Network Password. Baik menggunakan Password maupun tidak, karena jika menekan tombol CANCEL, maka komputer tersebut tidak akan bisa bekerja secara sharing dengan komputer lainnya.
Tambahan
Pada tambahan ini dalam modul inipun saya akan membahas tentang bagaimana Anda membuat koneksi Internet di komputer Anda atau didalam jaringan komputer Anda. Dan cara inipun sangat simple dan sederhana jadi perlu niat ingin bisa dan jangan menyerah.
Disini saya hanya akan menjelaskna menghubungkan Internet dengan Provider menggunakan Jasa Telkom karena untuk Provider di mataram belum memiliki provider seperti Indonet, Meganet dan jenis Provider yang ada di indonesia wilayah barat.
Untuk menghubungkan komputer Anda ke Internet dengan menggunak Provider Telkomnet Instan hal yang anda perlukan adalah menyediakan Modem Internal ataupun Modem eksternal dan malakukan setting komputer Anda agar bisa terhubung dengan telkomnet Instan.
Langkah-langkah setting komputer dengan menggunakan Windows XP adalah sebagai berikut :
Klik Start
Klik Program
Klik Accessories
Klik Communication
Klik Internet connection
Klik file – New Connection.
Setelah masuk pembuatan new Connection : Klik Next
Pada saat tampilan pilih set up modem manualy kemudian klik next
Ketiklah Nama Koneksi misalnya: telkomnet@instan atau InternetKu
Ketiklah Phone No dengan no sebagai berikut: 080989999
Klik Next dan ketiklah
Username : telkomnet@instan
Password : telkom
Domain Password : telkom
Klik Finish
Selamat Mencoba n Good Luck!
SELAMAT BELAJAR DAN SUKSES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar