Selasa, 13 Januari 2009

Menikmati Apa yang dirasakan Sekarang


Untuk Menikmati Saat Sekarang memang dirasakan perlu dan sangat diperlukan dalam melakukan Perubahan dan Pengembangan diri kita kedepannya.


Sebenarnya tulisan ini Anjas ambil dari referensinya sebagian dari Buku La Tahzan dan pengalaman yang pernah saya hadapi. Jangan Bersedih. Nikmati Hari ini dan Jangan Berpikir akan masa depan karena masa yang akan terjadi adalah semu.

seperti halnya bagaimana jika jika Hidup dengan batasan hari ini, mensyukuri Hari ini karena kematian sewaktu-waktu akan datang menghammpiri kita, Bukankah Begitu, saya kira Teman-teman sependapat.


Kita memang Perlu mempunyai Impian dan dengan Impian itupun kita bisa melakukan perubahan yang berarti namun Ingat, segala sesuatunya harus kita Syukuri, walaupun dalam prakteknya membutuhkan kekauatan untuk Mensyukuri karena tidak mungkin segala sesuatu yang baik akan terasa Berat dan sebaliknya. hmmm....


Kehidupan di dunia ini tidak selalu berjalan Horizontal saja namun dalam Prakteknya warna-warni kehidupan akan mengiringi kita dalam penemuan jati diri yang sebenarnya, jika kita pintar mengambil hikmah dari setiap pengalaman-pengalaman yang kita sudah kita hadapi. memang tidak gampan dansaapun merasakannya bagaimana getir dan bingarnya kehidupan tanpa kita sadar dan kita syukuri hidup kita akan terasa hampa. dan Sekarang Mulailah Bersyukur dengan apa yang kita dapatkan hari ini dan biarlah semua yang telah lalu berlalu seiring angin yang bertiup. bersemangatlah , mari kita saling mendukung satu sama lain. okey. No body is Perfect


Pada dasaranya salah satu faktor penting dalam pengembangan diri Anda yang seutuhnya adalah menikmati kehidupan Anda saat sekarang. Yang dimaksud dengan kehidupan saat sekarang adalah selalu dalam kesadaran akan apa yang Anda lakukan , Anda pikir dan Anda rasakan saat sekarang. Ia adalah kesadaran Anda akan pemikiran Anda dan memberi fokus pada saat sekarang.
Saat membaca tulisan ini, mata , yang merupakan salah satu panca indera, memberi stimulus pada otak Anda , selanjutnya menjadikannya signal dan memberi makna pada huruf-huruf yang ada untuk dapat dimengerti dan disaring sebagai suatu persepsi baru yang dapat Anda tolak atau Anda terima.

Saat sekarang adalah kondisi dimana Anda fokus pada apa yang terjadi saat sekarang, tanpa memberikan masukan lain pada kondisi itu. Masukan lain yang dimaksud adalah memberikan makna tambahan dengan pengalaman masa lalu Anda. Cara ini mempermudah Anda untuk menikmati hidup saat sekarang, apa adanya, tanpa dipengaruhi oleh rasa takut, kemarahan, keterikatan dan sebagainya yang dihasilkan oleh pengalaman masa lalu Anda.
Saat sekarang sangat singkat, ia akan secara cepat menjadi masa lalu. Saat Anda membaca tulisan INI, yang diatas telah menjadi masa lalu bukan? Saat sekarang adalah INI….ya…YANG SEDANG ANDA BACA INI….
Apakah Anda mengerti apa yang saya maksud?
Cobalah nanti, sesekali, amati cara berpikirnya otak Anda.

Apa yang mengalir dalam pikiran Anda?Apa yang dilakukan oleh pikiran Anda?

Apakah ia juga mengambil data dari masa lalu dan memberi arti lain, dengan misalnya menambah kata "seandainya", atau mungkin ia mengulang kembali masa lalu itu, atau juga ia mencari jawaban apabila Anda saat masa lalu itu melakukan hal yang lain bukan yang Anda telah lakukan, dan sebagainya.Bila masa lalu Anda baik atau positif, maka visualisasi Anda untuk masa depan akan juga baik atau positif. Sebaliknya bila negatif ia akan negatif.

Tetapi apa yang sering Anda alami? Apakah pemikiran yang negatif yang lebih banyak memberikan tempat pada pemikiran Anda? Apakah kata-kata seseorang, atau tindakan seseorang pada Anda yang mendasari pemikiran Anda itu?
Apakah Anda memperbolehkan pengalaman masa lalu Anda yang negatif menjadi masa depan Anda?

Kalau masa lalu Anda yang negatif mempengaruhi Anda, sudah tiba waktunya bagi Anda untuk menghentikannya!!!
Hidup pada saat sekarang adalah cara untuk melakukannya. Ini hanya adalah pilihan untuk memilih yang terbaik. Hidup akan menjadi perjalanan yang menyenangkan, apabila Anda menjalaninya secara positif dengan menikmati saat sekarang.
Nikmatilah dan fokuslah pada apa yang Anda sedang lakukan saat sekarang. Buatlah apapapun yang terbaik pada saat sekarang. Jangan membuang kesempatan yang ada pada saat sekarang dengan memikirkan dan menyesali masa lalu yang telah lewat.

Jangan terjebak dalam "permainan" yang sama dengan selalu memikirkan yang masa lalu, memberikan ketakutan akan masa depan dan tidak menikmati saat sekarang, dan kemudian menyalahkan kehidupan itu sendiri sebagai sesuatu yang membosankan.

Dengan menikmati saat sekarang, berarti Anda konsentrasi penuh pada apapun yang Anda sedang lakukan saat sekarang. Ini dengan sendirinya akan mengembangkan kekuatan konsentrasi Anda yang akan memberikan efek yag sangat baik dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Dengan kekuatan konsentrasi yang hebat, bukankah mudah untuk Anda untuk belajar atau bekerja?
Hidup dan nikmati saat sekarang, dan jangan jadikan diri Anda budak masa lalu Anda, karena terikat oleh pikiran dan emosi masa lalu Anda dan memikirkan dan menvisualisasi masa depan Anda dengan hal-hal yang telah lewat.
Nikmati saat sekarang dengan mengkonsentrasikan pikiran Anda pada apa yang Anda lakukan saat sekarang, Nikmatiilah.
Ingatlah, saat sekarang, sangat singkat, masa lalu telah lewat dan masa depan belum terjadi so Jangan Kuatir dengan masa yang akan datang selama kita Yakin dan Percaya kepada Allah SWT. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar