Selasa, 13 Januari 2009

Waktunya Untuk melakukan Perubahan Walau Terasa Sulit...


Do it but Sure....

Bagi umat Islam, arti dari Hari Raya Idul Fitri salah satunya adalah kembali ke Fitrah, kembali ke asal muasal dengan kebaikan dalam diri sendiri. Tentu saja makna ini dapat berguna juga bagi seluruh umat manusia, tidak hanya yang beragama Islam yaitu mengenali diri sendiri kembali, dan mulai sesuatu yang baru yang lebih baik.


Kita sebenarnya dapat melakukan sesuatu yang baru yang lebih baik bagi kita, bukan hanya pada hari-hari suci saja, atau pada hari besar lainnya atau hari ulang tahun atau tahun baru dsb. Kita dapat melakukannya setiap hari, setiap kita bangun pagi dan membuka mata kita.

Perubahan terus menerus adalah esensi dari hidup itu sendiri. Dan Anda akui atau tidak, Anda setiap detik pasti berubah. Apakah arah perubahan itu baik atau tidak (menurut Anda), tentu Anda sendiri yang paling mengetahui.
Mungkin banyak dari kita sering dan berulang kali, ingin mengadakan perubahan, tetapi berakhir dengan tidak melakukan sesuatu perubahan (walau perubahan jalan terus). Tidak melakukan perubahan yang dimaksud adalah : perubahan yang direncanakan sesuai dengan keinginan.
Seperti telah diketahui tidak jalannya program perubahan diri Anda yang sesuai keinginan Anda, adalah disebabkan oleh: kurangnya antusiasme, hasrat, motivasi, disiplin dan keinginan yang kuat.
Saat seperti sekarang (libur - berkumpul keluarga- dsb), bila Anda inginkan, merupakan saat tepat untuk memulai sebuah perubahan hidup…

Kenapa?

Karena Anda telah memaafkan dan mendapat maaf dari siapapun yang telah selama ini baik disengaja atau tidak sengaja Anda mungkin sakiti dan atau menyakiti Anda…. Langkah pertama sudah diambil, tinggal meneruskan langkah selanjutnya.
Langkah selanjutnya, tidak susah juga, yaitu : bersyukur. Bersyukur atas apapun kondisi Anda saat ini. Lakukanlah ini dari hati Anda yang terdalam, dan Anda akan merasakan kehebatannya.
Mudah bukan, setelah bersyukur, Anda akan makin jelas mengetahui apa saja yang Anda inginkan untuk diubah. Putuskan dan buat catatan apa saja yang perlu diubah. Catat semua, jangan ragu. Catat semua secara rinci. Kemudian check dan recheck….Biasanya Anda akan mencoret beberapa hal yang menurut Anda tidak perlu masuk dalam daftar…ini biasa terjadi…percayalah..
Setelah itu, urut daftar tersebut diatas menurut skala prioritas, mana yang benar-benar Anda perlu lakukan untuk diubah, dan taruh diurutan teratas.
Selanjutnya, juga mudah, buat sebuah rencana bagaimana Anda dapat mencapai perubahan itu. Buat rencana yang masuk akal. Gunakan semua imajinasi, kepintaran,pengalaman dan intuisi Anda. Anda harus kreatif.
Setelah itu cari waktu untuk mengimajinasi (visualisasi) tujuan dan rencana Anda itu, dalam sebuah cerita yang benar-benar jelas Anda dapat bayangkan. Anda seolah sudah mencapai perubahan itu saat ini juga.Kalau perlu sebelum melakukan itu, cari gambar-gambar atau apapun juga yang dapat membuat Anda semakin mudah mengimajinasi tujuan dan rencana Anda untuk mencapainya.
Jagalah imajinasi(visualisasi) itu setiap saat.
Dan setelah itu mulailah untuk melakukan aksi. Untuk pertama kalinya, Anda mungkin akan sedikit bingung, tapi kalau rencana yang Anda susun benar, saat Anda mulai mencari atau membaca situs web atau buku atau koran atau majalah tentang bagaimana Andaharus beraksi, Anda sudah mulai beraksi. Dan biarkan kekuatan dari YAng Maha Esa, menuntun Anda untuk menjalankan aksi berikutnya. Yang penting mulai beraksi.
Dalam menjalankan aksi pada rencana Anda, tingkatkan selalu disiplin dan kemauan keras.
Tetaplah selalu berdoa dan menjaga keyakinan Anda akan tujuan Anda.
Jaga hasrat, motivasi dan antusiasme Anda dengan cara selalu berpikir bagaimana bila perubahan yang Anda inginkan telah tercapai. Dan bagaimana perubahan itu akan mengubah hidup Anda.
Keluarkan kekuatan bawah sadar Anda dengan afirmasi2 yang sesuai.
Jangan biarkan siapapun menghalangi apa yang Anda akan capai. Ingat, perubahan hanya akan terjadi pada diri Anda , oleh Anda sendiri, bukan orang lain.
Siaplah untuk berubah. Jadilah seseorang yang open mind. Lakukan perubahan dan berubahlah, jangan perubahan hanya ada dalam cita-cita dan perkataan Anda saja. Jangan takut akan perubahan yang akan menjauhi comfort zone Anda. Kalau memang comfort zone Anda sudah yang terbaik, Anda tidak akan sampai membaca baris ini.
Siap melakukan perubahan?
Keputusan ada ditangan Anda…..
Saya mengeluarkan moto baru buat pengembangan diri, terutama dalam manifestasi kehidupan. Moto baru saya ini saya berikan kebeberapa rekan saya yang meminta bantuan dalam hubungannya dengan pengembangan diri, dimana mereka banyak memberikan seminar2 motivasi dan sebagainya.

Moto ini adalah
SYUKUR - VISI - AKSI
Dengan SYUKUR kita mengenal masalah dan dapat merubahnya.Dengan VISI kita akan punya gol dan tujuan untuk dapat menimbulkan hasrat dan motivasi agar dapat melakukan apa yang kita inginkan.Dengan AKSI kita akan memanifestasi apa yang kita inginkan
Ketiga hal tersebut menurut hemat saya adalah, elemen terpenting yang harus kita miliki dalam pengembangan diri, terutama untuk memanifestasi suatu keinginan atau gol.
Tentu masih banyak detil lainnya yang harus kita ketahui untuk dapat memanifestasikan apa yang kita inginkan, dan dengan blog ini saya akan mencoba sharing terus menerus kepada anda, langkah2 apa saja yang perlu diambil….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar